Powered By Blogger

Senin, 11 Oktober 2010

BAHAN DEBAT


Ujian Nasional merupakan salah satu kegiatan dari pelaksanaan kurikulum yang dilaksanakan pada tiap – tiap akhir tahun pelajaran yang diikuti oleh seluruh siswa yang duduk di kelas XII ( duabelas ) dalam rangka menyelesaikan salah satu jenjang pendidikan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.Dan
UJIAN NAIONAL itu juga dapat di artikan sebagai  Ujian yang dilaksanakan secara serentak bagi sekolah-sekolah yang ada diseluruh Indonesia, dengan standart akademik berskala nasional, bagi siswa-siswa yang tidak memenuhi standart  tersebut, tidak akan lulus.

Adapun yang melatar belakangi penyusunan program kegiatan ini, antara lain :

    1. Bahwa Ujian Nasional merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam usaha menyukseskan program pendidikan nasional, baik secara kuantitas maupun kualitas.
    2. Bahwa hasil Ujian Nasional dapat digunakan untuk pembinaan pendidikan , terutama fasilitas dan proses belajar mengajar ( PBM ) di kelas.
    3. Bahwa nilai yang dicapai dalam Ujian Nasional dapat digunakan untuk menentukan peringkat seleksi penerimaan siswa baru ke jenjang yang lebih tinggi.
    4. Bahwa Ujian Nasional merupakan komponen penentu para siswa untuk penentuan nilai IJAZAH ( Surat Tanda Kelulusan ).

  1. DASAR DAN LANDASAN HUKUM
Penyusunan program kerja kegiatan Ujian Nasional ini didasari atas :

  1.  
    1. Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 1512/BSNP/XII/2008 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional SMA Tahun Pelajaran 2008/2009
    2. Undang-Undang Nomor 20Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 77 tanggan 5 Desember 2008 Tentang Ujian Nasional Untuk SMA Tahun Pelajaran 2008/2009

salah satu kejadian negatif tentang UN

UN di Bali Ricuh, Soal Bahasa Indonesia Tertukar Bahasa Inggris

Denpasar - Kericuhan mewarnai ujian nasional (UN) SMA/SMK di Bali. Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia tertukar dengan Bahasa Inggris. Siswa pun kebingungan dengan tertukarnya soal tersebut.

Kericuhan ini terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali. Tertukarnya soal UN dialami siswa SMA 1 Karangasem, SMA 1 Bebandem, dan SMA PGRI Karangasem.

Sesuai jadwal, siswa mengikuti ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, Senin (22/3/2010). Namun, para siswa menerima soal Bahasa Inggris dan Antropologi. Beberapa soal yang salah tersebut sudah ada yang dibagikan. Ada juga yang sudah lebih dulu diketahui pengawas.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg mengatakan tidak tahu menahu soal tertukarnya soal mata pelajaran. "Guru pengawas ujian, Dinas Pendidikan tidak tahu menahu soal yang akan dibagikan dalam UN hingga sampul soal dibuka di depan siswa," kata Gredeg melalui telepon.
http://www.detiknews.com/read/2010/03/22/103221/1322553/10/un-di-bali-ricuh-soal-bahasa-indonesia-tertukar-bahasa-inggris?991102605


solusi

boleh aja Sistem Ujian NAsional ini diberlakukan, asalkan nanti kalau dinyatakan lulus, terus mau masuk kuliah..nggak pake tes lagi di PT yang dituju..kan lulusnya udah standart nasional 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar